Jumat, 16 Juni 2017

LOLOS SBMPTN AKUNTANSI UI DAN UTUL UGM 2017




THE BIG THREE UNIVERSITIES 
UI, UGM, DAN ITB
Universitas Indonesia

Buat kalian yang mungkin sudah membaca postinganku sebelumnya mungkin sudah mengerti bagaimana kehidupan yang sudah kulalui sebelumnya. (cerita sebelumnya dapat dilihat disini)
Aku disini hanya menceritakan apa yang telah kualami, aku berharap jangan meniru apa yang telah aku lakukan karena memiliki risiko yang begitu besar.
Sebelum kalian membaca lebih jauh, aku berharap kalian menghormati semua keputusan yang telah kubuat dan kupertimbangkan dengan matang.
Aku sebelummya telah berkuliah Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung selama satu setengah semester. Judul yang kubuat di postingan sebelumnya menjadi kenyataan, yaitu hanya mencicipi berkuliah di ITB.
Keinginan ini timbul saat kampus mengadakan kegiatan motivasi untuk mahasiswanya pada pertengahan bulan Januari, motivator saat itu mengatakan “ Love what you do, do what you love,” kata-kata itu sangat terngiang dipikiranku, dan saat itu aku memutuskan untuk mengikuti SBMPTN ditahun ini dan memilih Universitas Indonesia sebagai tujuanku.
Beberapa hari setelah itu aku kembali ke Kediri untuk mengambil buku sisa tahun lalu yang masih tersimpan di rumah, dan membawanya ke Bandung untuk kupelajari kembali. Keadaan tidak mendukungku untuk bisa belajar lebih disaat kuliah sedang berjalan, dimana kegiatan perkuliahan dan tugas yang banyak dan kegiatan UKM yang cukup sibuk juga. Aku memikirkan ini beberapa saat, jika aku tetap stay di ITB, aku tidak bisa mendapatkan hasil yang maksimal di SBMPTN nanti karena intensitas belajar yang sedikit. Tetapi jika aku resign dari ITB aku bisa memperbesar peluangku untuk lolos, walau tak seberapa yakin, tetapi jika aku gagal aku tidak memiliki cadangan kampus yang elit seperti ITB, hahaha.

Open House UI 2017
Aku mendengar kabar bahwa UI akan mengadakan Open House di tanggal 18-19 Februari. Dengan segera aku melakukan pemesanan tiket, dan ini juga menjadi kunjungan yang perdanaku ke UI. Disana aku bertemu dengan mahasiswa berprestasi nasional 2014, Andhika Putra Sudarman, orangnya baik dan humble. Aku mendapat tulisan semangat dari dia, haha. Kelihatannya norak gitu ya, tapi inilah caraku untuk menumbuhkan motivasiku.

Tur Kampus

Tulisan tangan Andhika
Salah satu fasilitas saat Open Days saat itu adalah tour kampus, kita menaiki bis kuning denga dipandu oleh seorang panitia untuk mengelilingi kampus UI Depok.
Dan pastinya aku membeli bukunya dan mendapat tanda tangan langsung darinya.

Stand FEB UI
Buku Karangan Andhika







Kelihatannya norak gitu ya, tapi inilah caraku untuk menumbuhkan motivasiku.
Dikarenakan alasan tertentu yang tidak bisa kusebutkan disini, aku memutuskan untuk mengundurkan diri dari ITB akhir Februari 2017 lalu. Aku telah meminta pertimbangan dari orangtua dan teman dekatku. Setelah keputusan kubuat aku menemui seorang staff prodi, aku menjelaskan masalah yang sedang kuhadapai dan menjelaskan bahwa aku akan mengundurkan diri, beliau tidak menghalangi niatku itu.
Tetapi beliau ingin meminta kejelasan rencana yang akan kulakukan setelah aku keluar dari kuliah ini, aku menjelaskan jurusan dan kampus mana yang akan menjadi harapanku, tetapi beliau kurang yakin dengan penjelasanku. Kita berjumpa lagi beberapa hari kemudian dengan membawa berkas-berkas pendukung argumenku. Akhirnya hari Senin itu, tanggal 27 Februari aku mengajukan surat pengunduran diriku kepada rektorat. Tepat dihari pertama UTS semester 2.
Diawal bulan Maret aku kembali ke Kediri, hari Jumat itu aku sampai di Kediri, dilanjutkan istirahat sebentar, siangnya setelah melaksanakan sholat jumat aku langsung menuju tempat bimbel buat mengejar ketertinggalan materi, Ganesha Operation Pare, saat itu sudah H-74 SBMPTN. Disinilah perjuangan berdarah dimulai, akhirnya aku bisa mewujudkan cita-cita ku untuk tidur di GO, haha impian macam apa ini, karena disini aku bisa belajar lebih lama. Karena aku udah merasa nyaman buat belajar di GO, jadi aku pun lebih sering tidur di GO dari pada tidur di rumah, hahaha. Biasanya pulang hanya sabtu minggu aja.
Maret sampai pertengahan April kelas dimulai setiap malam hari, setelah UN SMA selesai, kelas dimulai pagi hari pukul 10. Beruntung sekali aku bertemu dengan teman-teman yang baik disana, mayoritas pelajar dari kampung inggris Pare sih. Jadi kita sering berdiskusi, membahas soal bersama, saling bertukar ilmu, tak jarang juga kita selalu berdebat mengenai jawaban dari sebuah soal, tapi itulah yang akan aku rindukan. Aku bertemu dengan seorang teman yang cukup pandai dibidang sejarah, dimana pelajaran yang paling tidak aku sukai selama ini, dia pandai dalam menjelaskan sebuah kejadian dan tidak membuat bosan, darisitu aku mulai menyukai sejarah dan menjadi pelajaran yang menyenangkan untukku.
 Jadi sarannya seringin baca materi sambil ngerjakan soal-soal, biar kita hafal dengan bentuk-bentuk soal yang pernah dikeluarkan saat tes. Jangan lupa berbagi ke teman yang meminta bantuan untuk menjelaskan suatu materi, karena tingkat yang paling tinggi dari sebuah pemahaman adalah seberapa mampu kita menjelaskan apa yang ada dalam otak kita kepada orang lain. Apabila orang itu mengerti apa yang kita jelaskan, artinya kita sudah mencapai tingkat pemahaman paling tinggi. Dan jangan lupa untuk sering-sering berdikusi bersama teman, soalnya itu juga sangat membantu untuk bertukar pikiran. Apalagi sampai debat gitu artinya pikiran kita sudah berkembang, kelas kami selalu aja berdebat jika pas bahas-bahas soal gitu, jadi kadang jawabannya beda-beda tergantung keyakinan masing-masing hahaha. Sambil juga bergabung di grup-grup pejuang SBMPTN, biasanya kita sering saling tanya jawab soal-soal, cukup membantu lah, kadang juga sering bertukar info mengenai perkuliahan.

knackered
Teman-teman juga tak jarang menemaniku tidur di GO, jangan kalian pikir kita tidurnya di kasur yang empuk, kita tidur dikelas beralaskan karpet dan berbantalkan kursi hahaha. Karena dengan kami menginap disitu kita bisa memperpanjang masa belajar kita, ada yang jam 11 udah tidur karena tak kuat menahan kantuk, rata-rata belajar sampai jam 2 malam sih. Tapi kalau udah asik tuh biasanya subuh baru selesai. Pernah suatu saat aku tak merasa mengantuk saat belajar MatDas dari Zenius dengan Sabda sebagai tutornya, disitu tak terasa udah pagi ternyata hahaha. Akhirnya menyempatkan tidur sekejab karena jam 10 udah harus masuk kelas lagi. Tak pernah lupa aku selalu membuat kopi instan setiap aku belajar, biasanya malam hari bisa habis 2 sampai 3 sachet, over kafein sih gak baik, selain itu aku juga terlalu sering makan mie instan haha, jadi selesai SBMPTN terlihat lebih kurusan haha..

Tak jarang juga kami tertidur saat KBM berlangsung karena terlalu lelah belajar seharian.
salah satu hadiah try out










Ribuan soal yang telah dirangkum dalam buku kumpulan soal pun coba kutelan, karena semakin banyak soal yang kukerjakan aku berharap semakin lancar nanti saat ujian. Setiap try out yang ada pun coba aku ikuti diluar try out rutin GO yang diadakan, aku dan teman-teman GO pun juga pernah mengikuti try out nasional yang diselenggarakan di Surabaya, walupun gak jadi top 10, tapi dapet 34 nasional dari 4000~ peserta udah cukup ada kemajuan bagiku. Adalagi try out nasional yang diadakan dikota Kediri, Alhamdulillah dapat juara 1 Regional, lumayan lah hasilnya hehe.
Untuk try out GO, 1 minggu setelah kedatanganku di GO udah diadakan try out bulanan, walau belum lolos pilihan ku saat itu, tapi Alhamdulillah setiap try out mengalami kenaikan dari try out 1 44,~ % di try out akhir ke-4 alhamdulillah bisa mencapai 56,~ % . Tapi skala bimbel sih, jadi bisa saja setiap lembaga berbeda kan. Tetapi paling tidak bisa dipakai untuk acuan penilaian peningkatan belajar kita.
Oh iya, selain pakai zenius yang ngebantu banget apalagi ekonomi dan matematika dasar yang super duper enak banget ngajarnya astaga, si kak Sabda, aku juga pakek buku kuning SKS, btw buku SKS ini sekelas di GO pada punya semua, dan pas tes SBMPTN dan UTUL UGM juga banyak banget yang pakek buku itu juga, emang enak sih rangkumannya lengkap banget jadi buku 1 udah banyak isinya. Selain itu aku juga browsing yang tak kalah membantu, jadi kalau ada materi-materi yang baru aku temui, aku selalu menyalinnya dari internet.
Waktu pendaftaran SBMPTN waktu itu bingung diantara beberapa pilihan-pilihan, pengennya sih milih di UI semua gitu, pengennya Akuntansi tapi gak yakin soalnya ya tau lah ya, trus option selanjutnya Ilmu Ekonomi, sampai H-2 penutupan baru daftar SBMPTN, ayah aku bilang, “udah daftar Akuntansi aja ayah tau kalau kamu mampu kok”.
FEB UI

Dengan dukungan orang tua itu aku yakin kalau ridho Allah ada pada ridho orangtua. Akhirnya aku tetapkan pilihan 1 Akuntansi, 2 Ilmu Ekonomi, 3 Ilmu Administrasi Fiskal. Memang rada terlalu berlebihan sih pilihannya, kayak nggak tau diri banget, apalagi semua nya UI. Karena semua pilihan berada di wilayah 1, aku juga diharuskan tes di wilayah 1. Akhirnya aku memilih panlok Jakarta, dan mendapatkan tempat tes di UIN Syarif Hidayatullah Tangerang.

verifikasi berkas UTUL UGM, Tebet
Nah, karena tes SBMPTN nya di Jakarta, sekalian deh UTUL UGM nya juga ambil di Jakarta biar sekalian gitu, tapi ada biaya tambahnya 200K , jadi biaya totalnya 500K buat pendaftaran tes tersebut yang diadakan di Universitas Pancasila Jakarta Selatan. Ini nih ada cerita unik bin ngeselin, karena malam sebelumnya aku udah kecapekan jadi belum sempet print kartu pesertanya, mikirnya besok aja sih sekalian berangkat. Eh lupa kalau tesnya hari minggu, dan tempat fotokopian pada tutup semua astaga, bingung cari kemana-mana belum ada yang buka, ditunggu sampai jam 9 juga belum pada buka tempat fotokopian deket UP, untung ada kenalanku asal Bogor yang kebetulan juga tes ditempat yang sama, di dalam gedung itu ada ibu2 dengan printer di mejanya, akhirnya temanku meminta tolong ibu itu untuk membantu menge-printkan kartu pesertaku, sebelumnya panitianya bilang kalau fatal akibatnya kalau nggk bawa kartu peserta, aku mikir apa iya gak jadi ikut UTUL karena gak bawa kartu peserta, kan lucu gitu alasannya.
Tanggal 13 Mei berangkat dari Kediri ke Jakarta, agar ada jarak waktu buat istirahat sebelum tes dimulai tanggal 16 Mei, dan sebelumnya juga survey tempat dulu agar tidak tersesat saat hari H. Walaupun tes soshum dimulai pukul 09:45 aku sudah berangkat pukul 6 agar terhindar dari kemacetan karena jarak yang cukup jauh ke Tangerang dari Depok tempatku bernaung.
Saat UTUL UGM kemarin aku juga samakan pilihan pertama di Akuntansi, 2 Psikologi, 3 Ilmu Ekonomi. Duh ini malah pilihannya berat-berat juga hehehe.
Oh iya banyak yang bertanya berapa soal yang ku kerjakan saat SBMPTN dan UTUL UGM kemarin, saat TKPA SBMPTN kemarin aku merasa belum maksimal, saat itu mungkin aku terlalu fokus mengerjakan matematika dan akhirnya tiba-tiba pengawas berkata waktu kurang 30 menit dan saat itu bahasa indo dan inggris ku belum tersentuh sama sekali, emejing emang. Akhirnya bahasa inggris Cuma ngerjain 4 soal doang astaghfirullah, lebih sedikit dari matematika dasar yang cuma aku kerjakan 5 soal. Jadi aku harus balas dendam di TKD soshum aku harus maksimal untuk bisa menutupi kekurangan di TKPA ku, alhamdulilah cukup lancar saat mengerjakan soshum, waktunya malah sisa berbeda dengan TKPA tadi. Akhir cerita aku mengerjakan 120 dari 150 soal SBMPTN, masing-masing 61 untuk TKPA, dan 59 untuk TKD Soshum. Kurang begitu yakin dengan hasilnya melihat jumlah TKPA yang biasanya menjadi lumbung nilai malah belum bisa kumanfaatkan dengan baik karena pengalokasian waktu yang kurang baik.
Yang biasanya menjadi lumbung nilai yaitu pelajaran sosiologi, di UTUL UGM tidak diikutsertakan dalam tes, jadi hanya sejarah, geografi, dan ekonomi, dimana masing-masing soal berjumlah 25 butir. Soal di UTUL ini cukup advance dibandingkan dengan SBMPTN, materi baru yang jarang dipelajari. Jadi tidak semua soal dapat kukerjakan ahaha. Soal Sejarah, Geografi, dan Ekonomi masing-masing kukerjakan 21, 21, dan 20 dari sejumlah soal yang tersedia. Banyak sekali materi baru yang belum aku pelajari sebelumnya jadi cukup kaget awalnya. Kalau TPA emang harus dikerjakan semua sih, karena tidak terdapat nilai minus didalamnya. Untuk TKD Umum terdapat 60 soal yang terbagi menajadi 3 mata pelajaran, Matdas, B indo, dan B inggris setiap mata pelajarannya masing-masing dapat terselesaikan dengan jumlah 11, 20, dan 17. Kalau TKDU ini cukup banyak waktu sih buat menghitung 20 soal matdas yang ampun soalnya.
Setelah itu hasil diumumkan 4 minggu setelah tes dilaksanakan, sembari menunggu hasil tes, aku saranin melakukan sesuatu yang produktif sih, misalnya kursus di Kampung Inggris Pare gitu, hahaha promosi tipis. Biar waktu penantian tak terasa begitu lama. Aku yang biasanya tidur lewat tengah malam, setelah masa pembelajaran usai, aku susah untuk tidur lebih awal perlu pembiasaan lagi, hahaha.
Mendekati pengumuman SBMPTN, aku merasa lebih excited dan penasaran dari pada pengumuman SNMPTN tahun lalu. Lebih susah tidur, dan selalu terpikirkan kemanapun aku pergi, walau masih enak buat makan sih.
Suatu hari orangtua ku pernah bertanya kepadaku, “nanti kalau belum lolos gimana?” sontak aku langsung menjawab , “ ya aku ikut lagi tahun depan.” Walau ku tahu umurku akan semakin bertambah kalau kuterus menunda kuliahku, tetapi aku akan tetap terus berjuang untuk mendapatkan apa yang kuinginkan. Saranku, dalam setiap step dari kehidupan yang kalian jalani kalian harus menentukan tujuan atau goals, karena tanpa itu hidup ini akan berjalan mengalir apa adanya tanpa ada rencana yang pasti. Setelah mengetahui tujuan kita, kita downgrade apa saja yang harus kita lakukan untuk mencapai tujuan hidup kita tersebut. Goals without planning is just a wish.  Dengan begitu semua yang kita lakukan terencana dengan baik dan tak sia-sia.
Dan satu lagi, setiap pilihan yang kita ambil pasti akan memiliki tingkat risiko yang berbeda, semakin besar risiko yang kita ambil akan besar pula hasil yang bisa kita peroleh. Dari keputusanku ini banyak juga cacian yang dihujankan kepadaku, tapi jika kalian tidak bisa menempatkan cacian itu menjadi semangat kalian untuk menunjukkan kalau kita bisa, kalian akan down terlebih dahulu sebelum bertindak lebih jauh lagi. Disamping itu masih banyak juga yang selalu mendukung dan memberi semangat untuk kita. Jadi ambil sisi positifnya saja dari setiap kejadian yang ada. Ada yang bilang, kalau setiap orang sama usahanya, maka yang membedakan adalah kadar doa nya, nah untuk itu disetiap usaha yang kalian lakukan jangan lupa untuk berdoa kepada Allah agar jalannya dilancarkan, Allah pasti melihat hamba-Nya yang berusaha dan telah berkorban. Jika kamu mampu melewati setiap ujian hidup yang ada, maka derajatmu akan dinaikkan.
 
Selain itu untuk menunjang keberlanjutan usaha kita agak tidak menurun adalah mencari motivasi dan semangat, kalian harus pintar-pintar mencari motivasi yang akan menumbuhkan semangat kalian untuk berusaha lebih keras lagi untuk mencapai tujuan kalian. Mayoritas teman-teman menggunakan foto kedua orangtua atau keluarga, itu boleh saja. Aku mempunyai cara tersendiri ketika aku sedang lelah dan bosan dalam belajar, yaitu mendengarkan lagu Genderang UI, kalian bisa search di google, setiap kali aku merasa capek dan bosan aku selalu memutar lagu ini, entah kenapa seperti re-charge energiku, walaupun sudah kuputar berkali-kali, setiap aku mendengarkannya dan mencoba untuk fokus aku selalu merinding, dan itulah keajaibannya, kalian boleh anggap aku aneh atau apa, tapi hasilnya benar-benar tidak membohongi.
Tanggal 13 juni 2017 pun telah tiba, tepat pukul 2 pun aku sudah siap didepan laptop, salah satu temanku bilang “kalau gak lolos, kau bukan temanku’, hahahaha. Setelah beberapa saat menunggu, memasukkan nomor peserta dan tanggal lahir. Subhanallah, mukzizat Tuhan benar-benar ada dan nyata. Selamat! Anda dinyatakan lulus di seleksi SBMPTN 2017.


So unbelievable. Disitu tanganku langsung kaku, keringat dingin, badan bergetar, belum bisa mempercayai semua ini. Aku percaya bahwa Allah menepati janji-Nya, bagi hambanya yang berusaha dan berkorban untuk berubah menjadi lebih baik. Ini benar-benar berbeda rasanya dengan kelulusan SNMPTN 2016 lalu, tahun ini perjuangannya benar-benar terasa dan puas dengan buah perjuangan yang tiada akhir.



3 hari setelah kejadian itu adalah pengumuman UTUL UGM pada pukul 10 malam. Aku sudah tidak terlalu berharap untuk lolos seperti SBMPTN, karena tujuan utamaku sudah tercapai. Tetapi karena penasaran dengan tes yang telah kulakukan akhirnya tepat pukul 10 aku bukalah website UGM tersebut. Selamat, Saudara/i lolos secara akademik pada Program Studi S1 Akuntansi. Hanya bisa bersyukur dengan apa yang telah Allah berikan kepadaku selama ini. Disini aku meminta maaf mungkin saja diantara kalian ada yang menginginkan masuk Akuntansi UGM tetapi belum lolos pada tahun ini, tetapi ini mengenai preferensi masing-masing individu. Andai saja bisa digantikan oleh orang lain, mungkin udah aku jual kursinya hahaha, buat bayar UKT :D . aku juga menemui banyak sekali anak gap year, dimana mayoritas mereka juga sudah pernah kuliah atau sedang menjalani kuliah, baik di kampus swasta, negeri, bahkan kedinasan ternama seperti PKN STAN.
FEB UI

Alhamdulillah juga banyak teman seperjuangan yang telah bisa mewujudkan mimpi-mimpi mereka, diantaranya mereka telah diterima di Hukum UGM, Filsafat UI dan UGM, Sosiologi UGM, Manajemen UI, Ilmu Ekonomi UGM, Pariwisata UGM, Ekonomi Unpad, Sosiologi Brawijaya, Ilmu Adm. Publik UB, dan masih banyak lagi.
Jangan pernah berhenti bermimpi!
Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar, maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan (Imam Syafi’i).
Jangan lupa share jika kalian berpikir ini bermanfaat dan follow akun instagramku : @khafid_nrd
Atau yang ingin bertanya mengenai SBMPTN dan curhat boleh via line : bellakhafid / 081410204522
Terimakasih.

23 komentar:

  1. Balasan
    1. Hahahaha. Padahal belum masuk zenius za rem πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  2. Bangga pernah ketemu sama orang kaya gini! 😻

    BalasHapus
  3. Ini yg pernah bahas soal bareng gue di group!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kak telah membantu untuk saling berdikusi. 😊😊

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  4. Dika, ketopraknya dibawa aja masihan😁. Makasih udah bantu bilangin ke ibunya buat ngeprint kartu peserta ku hahaha

    BalasHapus
  5. #initememsegroupgw sukses fid buat kedepan hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ko. Lu juga ya 😁

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  6. Bangga bisa satu grup sama orang ini, semoga bisa jadi motivasi buat yang lain ya kakFid

    BalasHapus
  7. ������ Semoga selalu tanggung jawab di setiap keputusan yang diambil... Semoga juga bisa gabung main genderang UI bareng MBUI!!

    BalasHapus
  8. Duh pak ketang, ikut mb lagi kah ? Wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh pak ketang (2), ikut nggk ya? dilihat nanti saja 😁 HAHAHA

      Hapus
  9. Ini temen gue dari kecil ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahah.. Ini yang suka e*q di celana itu kan waktu kecil??? πŸ˜‚

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  10. OMG ternyata lo keterima UTUL juga wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai nada. Terimakasih telah membaca blog unfaedah ini. HAHAHAH
      Semoga mendapat semangat kuliah ya. πŸ˜‚

      Hapus